Minggu, 27 Februari 2011

Hitam Putih Penggunaan Handphone

Handphone merupakan salah satu dari alat komunikasi yang dimiliki masyarakat, dari kalangan bawah sampai kalangan atas. Handphone bervariasi, ada yang sederhana, yang hanya dapat digunakan untuk mengirim SMS dan menelepon, hingga yang canggih, yang dilengkapi fasilitas-fasilitas yang memanjakan penggunanya, misalnya bluetooth, internet, blackberry, dll.

Handphone sangat bermanfaatbagi manusia. Salah satunya sebagai alat komunikasi antaranggota keluarga, antarteman, antarrekan kerja yang berada di tempat berbeda.
Selain itu, sebagai pelajar dan mahasiswa, handphone dapat digunakan untuk berkomunikasidengan keluarga, guru maupun teman. Manfaat lain yaitu untuk mengakses internet, yang digunakan untuk mencari materi maupun tugas sekolah.

Di balik manfaat yang beraneka ragam,handphone juga mempunyai dampak buruk. Penggunaan handphone untuk hal-hal yang kurang penting, misalnya SMS-an yang terlalu sering dapat mengakibatkan konsentrasi belajar terganggu. Sehingga hasil belajar buruk.

Fasilitas-fasilitas yang dimiliki handphone canggih, misalnya internet dapat memudahkan pengguna untuk mengakses situs-situs porno. Hal ini dapat merusak moral serta menyebabkan kejahatan atau pergaulan bebas.

Selain itu, handphone juga berdampak negative bagi kesehatan pengguna. Hasil riset dari peneliti Inggris, Amerika, Belanda menyebutkan bahwa salah satu dampak negative dari penggunaan handphone secara terus-menerus dapat mempengaruhi kerja otak, yaitu melemahnya kerja otak, sering disebut lemot.

Handphone bermanfaat bagi manusia. Namun demikian, handphone juga memiliki dampak negatif. Hal ini tergantung pada pemakai dan pengggunaannya. Agar dampak negatif handphone dapat dihindari, maka penggunaanya harus disesuaikan dengan kebutuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | TERATAI PUTIH Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building